Adalah tempat mencari informasi dan trik atau tips teknologi terbaru

Kartu SIM Berhasil Diretas, Jutaan Ponsel Terancam

Kartu SIM Berhasil Diretas, Jutaan Ponsel Terancam

Selamat datang di Syam’s Blog




Jumpa lagi di Syam’s Blog  pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Kartu SIM yang berhasil diretas sehingga membuat jutaan ponsel terancam keamanannya.

Baca postingan terdahulu :
Cara Cepat dan Mudah Cek IMEI Android
Cara Mudah Install ChainFire 3D di Android
Cara SMS Gratis + Dapat Pulsa Gratis

Seorang kriptografer (ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data – Wikipedia) bernama Karsten Nohl (foto di atas) mengklaim telah memecahkan standar enkripsi yang digunakan beberapa jenis kartu SIM.

 Peretasan ini dapat memungkinkan sebuah virus terunggah dan melakukan penipuan sistem pembayaran, melakukan perekaman dan redirect panggilan dan masih banyak lagi.

Nohl mengatakan bahwa kartu SIM yang terkena bervariasi berdasarkan negara dan operator, karena standar enkripsi antar negara berbeda-beda. Menurut perkiraannya sekitar seperdelapan dari kartu SIM yang ada di seluruh dunia bisa terpengaruh, atau dengan kata lain sekitar setengah miliar perangkat.

Ini menandai pertama kalinya kartu SIM bisa dibajak. Sejak tahun 1970-an, enkripsi keamanan Standar Data Encryption (DES) baru kali ini bisa diretas. Empat operator terbesar di Jerman. Nohl mengklaim standar keamanan yang sudah jadul serta kode Java Card yang diimplementasikan secara buruk memungkinkan pria asal Jerman ini untuk membuka kunci enkripsi karu SIM tertentu hanya dalam waktu kurang semenit.

Nohl telah membagikan temuannya ke berbagai operator dan GSMA dalam usaha untuk membantu menutup eksploitasi tersebut sebelum dapat digunakan secara luas oleh para penjahat cyber. Nohl akan membagikan temuannya di konvensi keamanan Black Hat, Las Vegas, 31 Juli mendatang.

Sumber 

Baca juga :
Cara Mudah Install Aplikasi Android Bukan Dari Google Play 
Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Ipanel Online Hanya Dengan Mengisi Survey  

  
  


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Syamsuri, Published at 7:50 PM and have