Adalah tempat mencari informasi dan trik atau tips teknologi terbaru

Mouse dengan Tracking di Permukaan Kaca: Teknologi dan Pilihan

Mouse dengan Tracking di Permukaan Kaca: Teknologi dan Pilihan

Sudah lama sejak mouse komputer pertama kali diperkenalkan, dan perangkat ini telah melalui berbagai fase pengembangan seiring waktu. Dari mouse mekanik dengan trackball yang berputar, hingga mouse optik dengan sensor LED atau laser. Teknologi terbaru dalam mouse optik dapat melacak gerakan bahkan di atas permukaan kaca. Berikut adalah sekilas tentang teknologi ini, serta pilihan mouse yang menawarkan fitur ini.


Teknologi Tracking di Permukaan Kaca

Salah satu tantangan dalam teknologi mouse optik adalah melacak gerakan dengan akurat di permukaan glossy atau transparan, seperti kaca. Dalam permukaan seperti ini, sinar dari sensor optik cenderung memantul ke segala arah, sehingga sulit untuk melacak gerakan dengan akurat.


Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa produsen telah mengembangkan teknologi pelacakan yang lebih canggih. Jadi, bagaimana cara kerja teknologi tersebut?


Mouse Optik vs. Laser

Dalam mouse optik, LED mengarahkan cahaya pada permukaan di bawah mouse. Sensor kemudian memantau pantulan untuk mendeteksi gerakan. Karena permukaan kaca cenderung memantulkan cahaya ke seluruh arah, mouse optik biasanya tidak bekerja dengan baik di atas permukaan ini.


Sebaliknya, mouse laser menggunakan sinar laser yang lebih terfokus, yang memungkinkan deteksi yang lebih baik pada berbagai permukaan. Namun, kaca biasa masih bisa menimbulkan masalah, karena permukaannya sangat halus dan transparan. Inilah mengapa banyak mouse laser masih mengalami kesulitan melacak gerakan di permukaan kaca.


Teknologi Darkfield

Untuk mengatasi tantangan ini, Logitech meluncurkan teknologi melacak yang disebut Darkfield. Teknologi ini menggunakan dua sinar laser yang ditujukan ke permukaan di bawah mouse. Ketika kedua sinar laser mengenai partikel kecil atau goresan pada permukaan (bahkan permukaan yang sehalus kaca), sinar tersebut memantul dan dideteksi oleh sensor mouse, yang kemudian digunakan untuk menentukan gerakan mouse.


Pilihan Mouse dengan Tracking di Permukaan Kaca

Sekarang, mari kita lihat beberapa pilihan mouse yang menawarkan tracking di permukaan kaca.


1. Logitech MX Master 3

Logitech MX Master 3 dilengkapi dengan teknologi Darkfield, memungkinkan pelacakan di permukaan kaca. Desainnya ergonomis dan fitur-fitur tambahannya, termasuk tombol-tombol programmable dan scroll wheel yang dapat berputar bebas, membuatnya menjadi pilihan favorit di kalangan banyak pengguna.


2. Logitech MX Anywhere 2S

MX Anywhere 2S adalah mouse yang lebih kecil dan lebih ringan, ideal untuk digunakan saat bepergian. Seperti MX Master 3, mouse ini juga menggunakan teknologi Darkfield, sehingga dapat melacak gerakan di hampir semua permukaan, termasuk kaca.


3. Microsoft Arc Mouse

Microsoft Arc Mouse menampilkan desain yang unik dan bisa melacak di permukaan kaca. Memiliki desain datar yang bisa ditekuk menjadi bentuk yang lebih ergonomis dan mudah digenggam, serta bisa ditekuk kembali untuk mudah disimpan.


Dalam memilih mouse yang dapat melacak gerakan di permukaan kaca, banyak pertimbangan lain juga sebaiknya dipertimbangkan, seperti kenyamanan, durabilitas, harga, dan fitur tambahan lainnya. Jadi, periksa ulasan dan spesifikasi produk sebelum Anda membeli.


Mungkin tidak semua orang perlu mouse dengan kemampuan melacak di permukaan kaca, tetapi bagi mereka yang sering bekerja dengan permukaan seperti ini, teknologi ini pasti sangat berguna. Dengan mouse seperti ini, Anda memiliki kebebasan lebih untuk bekerja dari mana saja, dengan hampir setiap permukaan menjadi potensi ‘mouse pad’


Sumber Referensi:


"How does a computer mouse work?" - ExplainThatStuff

"Darkfield Laser Tracking" - Logitech

"Mouse Guide" - Consumer Reports




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Syamsuri, Published at 1:00 PM and have